Monday, August 31, 2015

Kesehatan adalah segalanya !

Kesehatan adalah metabolik  atau bisa juga disebut tingkat efisiensi fungsional dari organisme hidup. Pada manusia, kesehatan didefinisikan sebagai kondisi umum secara keseluruhan jiwa, pikiran, dan tubuh seseorang manusia, yang berarti bebas dari masalah kelainan fungsi organ tubuh dan difungsi sel-sel dalam tubuh yang abnormal serta cedera, penyakit atau sakit di seluruh tubuh yang dapat dirasakan.
Dikutip dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan dalam arti yang lebih luas pada tahun 1946 sebagai "keadaan fisik yang lengkap, mental, dan kesejahteraan sosial dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan." Meskipun definisi ini telah menimbulkan kontroversi, karena penggunaan kata "lengkap" sehingga berbeda arti dijaman sekarang ini kebanyakan seseorang manusia bisa bertahan hidup secara sehat dengan fisiknya yang tidak lengkap, bahkan sebaliknya seseorang yang berfisik lengkap terkadang bisa terserang sakit dengan begitu mudah.
Kegiatan sistematis untuk mencegah atau mengobati penyakit serta meningkatkan kesehatan pada manusia yang dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan. Aplikasi yang berkaitan dengan kesehatan hewan dilindungi oleh ilmu kedokteran hewan. Istilah "sehat" juga banyak digunakan dalam konteks berbagai jenis organisasi non-hidup dan dampaknya untuk kepentingan manusia, seperti dalam arti masyarakat yang sehat, kota sehat atau lingkungan yang sehat. Selain intervensi perawatan kesehatan dan lingkungan seseorang, beberapa faktor lain yang diketahui mempengaruhi status kesehatan individu, termasuk latar belakang mereka, gaya hidup (life style), dan, kondisi sosial ekonomi, dan spiritualitas/Religius. Hal ini disebut sebagai "faktor penentu kesehatan".  Studi telah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi kesehatan .
Sesuatu yang bisa mempengaruhi tingkat Kesehatan
Pada dasarnya konteks di mana individu hidup sangat penting untuk menentukan status kesehatan dan kualitas hidup individu tersebut. Hal ini semakin diakui bahwa kesehatan tetap terjaga dan ditingkatkan tidak hanya melalui kemajuan dan penerapan ilmu kesehatan, tetapi juga melalui upaya dan pilihan gaya hidup yang cerdas dan pola hidup sehat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO, penentu utama kesehatan meliputi lingkungan sosial dan ekonomi, lingkungan fisik, dan karakteristik individu seseorang dan perilaku.
Secara lebih khusus, beberapa factor yang mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang adalah sebagai berikut:
  • Praktik kesehatan pribadi
  • Pendapatan dan status sosial
  • Jaringan dukungan sosial
  • Pendidikan
  • Pekerjaan (lingkungan pekerjaan)
  • Lingkungan sosial, yaitu semua hal yang berkaitan dengan kesehatan luar tubuh manusia dan di mana individu memiliki sedikit atau tidak ada kontrol
  • Lingkungan fisik
  • Gaya hidup, yaitu agregasi keputusan pribadi (di mana individu memiliki kontrol) yang dapat dikatakan untuk berkontribusi atau menyebabkan penyakit atau kematian
  • Perkembangan
  • Faktor Biologis dan Genetika,  yaitu semua aspek kesehatan, fisik dan mental, yang dikembangkan dalam tubuh manusia yang dipengaruhi oleh genetik.
  • Pelayanan perawatan kesehatan
  • Jenis kelamin
  • Budaya
  • Status Ketuhanan (Agama)


Dari keterangan diatas jelas betapa pentingnya kesehatan tubuh ini untuk dijaga, kesimpulannya kesehatan terjaga dari pola pikir/mental seseorang serta gaya hidupnya yang tidak ingin merasakan sakit sehingga tidak membuat dirinya merasa strees atau lemah.

No comments:

Post a Comment